Minum Obat Pencegah H4id Biar Bisa Puasa Selama Ramadan, Bagaimana Hukumnya ?

Mungkin ada sebagian muslimah meminum obat pencegah h4id selama bulan Ramadan agar bisa menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Pertanyaannya bagaimana hukumnya perkara ini dalam Islam?
 
Bagaimana Hukumnya Minum Obat Pencegah H4id Selama Ramadan?
 
Pertama, beberapa ulama menegaskan bolehnya mengkonsumsi obat pencegah h4id, selama tidak membahayakan pengguna. Baik resiko yang bersifat sementara maupun permanen. Imam Ibnu Baz pernah ditanya tentang hukum wanita yang menggunakan obat pencegah h4id agar bisa puasa ramadhan,

“Tidak masalah bagi wanita untuk menggunakan obat pencegah h4id, menghalangi datang bulan selama bulan ramadhan, sehingga dia bisa berpuasa bersama kaum muslimin lainnya. dan jika ada cara lain selain konsumsi obat untuk menghalangi terjadinya h4id, hukumnya boleh, selama tidak ada hal yang dilarang syariat dan tidak berbahaya.”

Kedua, bagi wanita yang mengkonsumsi obat anti h4id, dia dihukumi suci jika benar-benar kering tidak ada darah yang keluar. Akan tetapi jika dia setelah menggunakan obat pencegah h4idmasih keluar darah, maka dia dihukumi h4id, meskipun darah yan keluar sangat sedikit.
Syaikh Musthofa Al-Adawi menjelaskan wanita yang mengkonsumsi obat pencegah h4id, bagaimana statusnya,

“Hukumnya, apabila darah telah putus sempurna maka dia boleh puasa dan tidak perlu mengulangi. Adapun jika dia masih ragu darah terputus sempurna, karena masih ada darah yang keluar, maka hukumnya seperti wanita h4id dia tidak boleh puasa pada hari h4id dan mengqadha puasa pada hari itu setelah ramadhan. Allahu a’lam.”  (Jami’ Ahkam An-Nisa: 5/223)

Ketiga, tidak dianjurkan bagi para wanita untuk menggunakan obat pencegah h4id. Sekalipun untuk tujuan agar bisa beribadah bersama masyarakat. Karena sikap semacam ini kurang menunjukkan kepasrahan terhadap kodrat yang Allah tetapkan untuk para putri Adam.

Imam Ibnu Utsaimin pernah ditanya tentang hukum menggunakan obat pencegah h4id agar bisa melakukan ibadah bersama kaum muslimin lainnya. Jawaban beliau,

“Saya tidak menyarankan para wanita menggunakan obat semacam ini, untuk membantunya melakukan ketaatan kepada Allah. Karena darah h4id yang keluar, merupakan sesuatu yang Allah tetapkan untuk para putri Adam.”

Keempat, sejatinya wanita h4id masih bisa mendulang sejuta pahala selama Ramadhan, sekalipun dia tidak puasa dan tidak shalat. Karena islam tidaklah melarang umatnya untuk beribadah, selama tidak melanggar aturan. Karena setiap manusia dituntut untuk menjalankan ibadah selama hayat masih dikandung badan. Allah menegaskan dalam firman-Nya,

“Beribadahlah kepada Tuhanmu sampai datang kepadamu Al-Yaqin,” (QS. Al-Hijr: 99). Para ulama tafsir sepakat bahwa makna Al-Yaqin pada ayat di atas adalah kematian.

sumber:islampos.com

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Minum Obat Pencegah H4id Biar Bisa Puasa Selama Ramadan, Bagaimana Hukumnya ?"

Posting Komentar