Untuk OrangTua Mulai Saat ini jangan pernah Melakukan Hal Ini Pada Bayi, Karena 100 Bayi Meninggal Dunia Setiap Tahun Disebabkan Hal Tersebut


tolongshareinfo - Ada orang-tua yang mengasuh anak bayinya dengan cara melempar-lemparkan ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau mengguncang-guncangkan badan serta bahunya keras sambil berekspresi gemas. Bila anda lakukan demikian, jadi berhentilah segera. Jika lihat orang lain berbuat begitu pada bayi mereka, cegahlah, karena begitu berbahaya untuk tubuh bayi.

Tahukah Anda? Lebih dari satu tahun yang lalu nih teman dekat, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” Salah satu pemicunya ini yakni guncangan pada badan bayi. Sangat mengejutkan kan..

Di Jerman, rata-rata sekitaran 100 bayi setiap th. alami kerusakan kronis di otak lantaran mereka diguncang-guncang pengasuhnya. Laporan mengenai angka itu berdasarkan pada sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memprediksi angka bayi yang alami trauma dikarenakan diguncang-guncang, sesungguhnya lebih tinggi lagi.

“Guncangan keras sepanjang lima detik saja telah cukup untuk menyebabkan rusaknya beberapa fungsi otak, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi itu. ”

Kenapa guncangan pada bayi dapat bermuara pada kematian?

Menurut ahli kedokteran tadi, ini lantaran bayi yang masih sangat muda belum dapat menahan kepalanya sendiri lantaran otot lehernya yang lemah. Menyebabkan, bila bayi terguncang tubuhnya, kepalanya bakal bergoyang ke depan serta belakang.

Goyangan ini yang mengakibatkan rusaknya otak serta pendarahan didalam otak serta pada permukaan otak, hingga bisa mengakibatkan persoalan serius pada otak sang bayi, serta bisa mengakibatkan permasalahan yang berjalan permanen, seperti :

1. Rusaknya otak
2. Cerebral palsy
3. Kebutaan
4. epilator * dan
5. Kesulitan berbicara
6. Kesulitan belajar
7. Kesulitan koordinasi
8. Serangan jantung
9. Keterbelakangan mental

Tersebut disini banyak hal yang butuh dijauhi beserta tips pencegahan :

- Janganlah pernah mengguncang tubuh bayi dibawah usia 3 th., dengan alasan apa pun juga.

- Saat Anda menggendong bayi anda, jangan sampai lupa selalu untuk menyangga kepala bayi anda dengan tangan.

- Beritahukan pentingnya membuat perlindungan kepala bayi Anda pada pengasuh bayi anda.

- Yakinkan kebanyakan orang yang dekat serta sering menggendong bayi anda ketahui benar bahayanya seseorang bayi apabila diguncang-guncang atau digoyang.

Pada sebagian orang anak bahkan juga dapat juga mengakibatkan kematian. Ini di kenal dengan shaken-baby-syndrome. Mengapa mengandung resiko?

Bayi mempunyai kepala lebih besar dibanding dengan anggota tubuh yang lain, serta otot lehernya tetap masih lemah. Apabila diguncang, kepalanya bakal tersentak ke depan serta ke belakang. Hentakan-hentakan itu bakal mengguncang otak serta merusaknya. Pembuluh darah kecilnya akan turut rusak, menyebabkan pendarahan di otak serta sekitarnya, serta di mata bayi.

Kemungkinan paling besar yaitu pada bayi di bawah satu tahun, tetapi tak tutup peluang bisa berjalan di umur yang semakin besar. Yang butuh diwaspadai yaitu guncangan-guncangan ini bisa berjalan jadi waktu kita asyik bermain dengan sang bayi.

Karena itu terdapat banyak permainan serta kesibukan yang perlu dijauhi untuk mencegahnya, salah satunya :

1. Melempar bayi ke udara.
2. Lari-lari sembari membawa bayi di punggung atau di kepala.
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki serta digoyang-goyang).
4. Memutar bayi.

Jangan sampai lupa mengingatkan orang-orang di sekitaran Anda ya, berbagi info ini hingga terbaca oleh saudara, pengasuh, kakek-neneknya, juga tetangga untuk tidak mengguncang bayi.


sumber : beritaokezonpost

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Untuk OrangTua Mulai Saat ini jangan pernah Melakukan Hal Ini Pada Bayi, Karena 100 Bayi Meninggal Dunia Setiap Tahun Disebabkan Hal Tersebut"

Posting Komentar